Cara Membuat Sitemap untuk WordPress

Bagi Pemula mungkin akan bertanya-tanya apa itu Sitemap ? Apa sih fungsi dari Sitemap itu ? Nah pada artikel kali ini belajarngeweb ingin memberikan sedikit informasi mengenai sitemap dan cara membuat sitemap pada wordpress.

Sitemap pertama kali diperkenalkan pada awal kemunculan internet pada tahun 1994 dan 1995. Sitemap awalnya digunakan sebagai alat navigasi para pengguna internet sebelum para desainer web menggunakan menu navigasi yang canggih dan  mudah digunakan pada sekarang ini.

Apa itu Sitemap ?

Sitemap adalah kumpulan informasi yang terdapat pada pada sebuah situs yang nantinya akan membuat daftar link/url dari situs/ website kalian. Fungsinya adalah untuk membuat peta pada website kalian agar mensin pencari seperti google mudah mengindex url baru yang ada di webiste kalian. Dengan adanya sitemap pada website kalian, ini tentunya akan berpengaruh dan meningkatkan SEO “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur)  website kalian nantinya.

Tidak cuma Link saja yang terdapat pada sitemap, melainkan juga terdapat metadata. Metadata adalah informasi yang memuat kapan terakhir kali kamu mengupdate website dan seberapa sering website kamu diupdate.

Sudah taukan apa itu sitemap dan fungsinya, tentunya peran sitemap pada sebuah website bisa dibilang vital untuk menentukan seberapa cepat nantinya sebuah mesin pencari seperti, Google, Bing, atau Yandex dapat menumukan url yang ada pada Website kalian. Oleh sebab itu sitemap sangatlah penting untuk meningkatkan SEO pada Website kita.

Baca Juga : 2 Cara Mengetahui Theme dan Plugin Webisite WordPress Orang Lain

Cara Membuat Sitemap pada WordPress

Bagi pengguna website wordpress cara membuat sitemap bisa dilakukan dengan sangat mudah, kalian hanya perlu menginstal plugin sitemap dan melakukan sedikit settingan dasar, dan kalian sudah bisa mendapatkan sitemap website kalian dan mendaftarkannya ke Webmaster tools. Tapi sebelumnya kalian juga perlu mendaftarkan url/link webiste kalian ke google webmaster tools atau bing webmaster tools. Kalian bisa lihat di sini untuk tutorial cara mendaftarkan website ke Google Webmaster Tools, tonton di sini.

Kalo sudah, kita lanjut ke cara membuat Sitemap pada WordPress kita.

1). Login WordPress Kamu –> Plugin –> Tambahkan Plugin –> Ketikan “Sitemap” –> install Google XML Sitemaps dan aktifkan.

cara membuat sitemap

2). Lalu lihat Plugin yang sudah terinstall lalu klik setting pada Google XML Sitemaps

cara membuat sitemap

3). Pilih Basic Options setting seperti gambar dibawah ini

cara membuat sitemap

4). Setting sitemap content seperti dibawah ini

cara membuat sitemap

5). Setting change frequencies seperti gambar dibawah ini lalu Update Options

cara membuat sitemap

6). Update Option– Selesai

Nah itu cara bagaimana membuat sitemap pada WordPress, tinggal kita upload sitemapnya ke webmaster tools. Lalu Bagaimana cara Upload Sitemaps di google webmastertools? Selanjutnya lihati tutorial nya pada artikel selanjutnya atau video tutorial pada chanell kita ya ☺

Daftar Gratis Belajar Ngeweb di sini : https://belajarngeweb.com/belajar-ngeweb/